Secara umum proses korosi adalah proses dimana benda-benda logam menjadi rusak karena pengaruh lingkungan. Salah satu proses korosi  yang terjadi pada besi atau perkaratan yang membentuk oksida besi dapat dijelaskan secara elektrokimia. Dimana proses perkaratan adalah peristiwa oksigen yang berasal dari udara mengoksidasi logam besi.

Karena kontak dengan air maka proses korosi bisa terjadi. Dimana ada yang menjadi anode dan ada yang menjadi katode pada besi tersebut.

Besi merupakan salah satu logam yang mudah mengalami korosi karena nilai potensial reaksinya. Nilai potensial elektrode yang lebih besar dari 0,4 V pada logam lain yang akan sulit mengalami korosi, sebab dengan nilai potensial tersebut akan menghasilkan Eoreaksi (lebih kecil )< 0 (negatif) saat kontak dengan oksigen di udara. Jenis-jenis logam emas, perak, dan platina memiliki nilai potensial elektrode yang lebih besar dari 0,4 V akan sulit mengalami korosi.

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab korosi atau yang mempercepat korosi

  1. Kelembaban udara dan air

Air  adalah salah satu faktor penting  dalam proses terjadi nya korosi. Air yang banyak terdapat di dalam Udara lembab yang banyak mengandung uap air, proses korosi akan berlangsung dengan cepat.

  1. Elektrolit

Transfer muatan membutuhkan media yang baik dimana asam dan garam adalah media yang baik.  Dengan kedua media ini mengakibatkan oksigen lebih mudah dalam mengikat electron di udara. Asam banyak terkandng dalam  Air hujan, sedangkan garam banyak terkandung pada air laut. Oleh sebab itu penyebab utama korosi adalah air hujan dan air laut.

  1. Tidak ratanya permukaan logam

Anode dan katode akan mudah terbentuk atau terjadi pada permukaan logam yang tidak rata, sedangkan pada permukaan yang licin dan bersih proses korosi akan mudah terjadi karena kutub anode dan katode sulit terbentuk.

  1. Terbentuknya sel elektrokimia

Sel elektrokimia akan terbntuk secara langsung pada saat dua logam yang berbeda nilai potensialnya bersinggungan pada lingkungan yang lembab atau berair.

Proses oksidasi oleh oksigen dari udara akan terjadi pada saat logam yang nilai potensial nya rendah melepaskan electron ketika bersentuhan dengan logam yang nilai potensialnya lebih tinggi.Akibatnya proses korosi akan lebih cepat terjadi pada logam yang nilai potensialnya rendah sebaliknya logam yang memiliki nilai potensialnya tinggi akan lebih tahan dari serangan korosi. Sebuah paku keling yang terbuat dari tembaga akan membuat permukaan besi disekitar paku keeling akan berkarat lebih cepat.

_____________________________________________________

bengkelbubut ,bengkelbubutsurabaya, bengkelbubutsidoarjo,bengkelbubutjawatimur,Bengkeldynamicbalancing,bengkeldynamicbalancing on-site / on site / insitu,bengkeldynamicbalancingjawatimur,bengkeldynamicbalancingsidoarjo,bengkeldynamicbalancingsurabaya,Jasadynamicbalancing,Jasadynamicbalancing on-site / on site / insitu,Jasadynamicbalancingjawatimur,Jasadynamicbalancingsidoarjo,Jasadynamicbalancingsurabaya,Bengkelbalancing,bengkelbalancing on-site / on site / insitu,bengkelbalancingjawatimur,bengkelbalancingsidoarjo,bengkelbalancingsurabaya ,Pembuatan dan perbaikan Kipas,PembuatandanperbaikanBlower,PembuatandanperbaikanImpeller ,Balancing,Dynamicbalancing ,Balancingonsite ,Vibrasi ,Bor,Frais,Skrap,Planner ,Jasa Pembuatan Gear ,Jasa Pembuatan Roda Gigi,Machining ,Engineering,Otomotif ,Konstruksi ,Perbaikan dan pembuatan part pabrikgula/pabrikkertas/industri,Jasa perbaikan dan Rotor Elektromotor dan Generator,Industri,Grinding ,PTPN ,RNI Group ,Rajawali Nusantara ,PT Perkebunan